Saturday, November 17, 2007

Pengamanan Baru E-mail Yahoo

Pengamanan Baru E-mail Yahoo

Sabtu, 17-11-2007 18:26:33

oleh: aloysius weha
Kanal: Suara Konsumen


Pengamanan Baru E-mail Yahoo

Pencurian password lewat email Yahoo sudah jamak dilakukan. Padahal, account ini cukup vital karena banyak aplikasi dan layanan yang menggunakan kunci pembuka ini. YM, Yahoogroups, Flickr, dan masih banyak lagi, semua mengandalkan username dan password dari email. Inilah cara mengamankannya kalau Anda tak mau account Yahoo Anda dicuri atau raib.

Pencurian password biasanya menggunakan trik sebuah interface untuk login di account Yahoo. Sepintas, account ini sangat mirip dengan account asli Yahoo, tapi sebenarnya mengarahkan username dan password yang kita ketik ke orang jahat.

Karena trik ini terbukti banyak berhasil, Yahoo menambahkan fitur pengamanan baru berupa sebuah penanda sebelum kita akan masuk ke account Yahoo. Penanda ini gunanya adalah untuk memastikan bahwa kita benar-benar berada pada halaman ASLI dari account Yahoo, bukan halaman palsu.

Ada dua pilihan yang bisa kita ambil salah satu. Pertama adalah menggunakan kata kunci tertentu untuk kita setel di tampilan Yahoo. Kedua menggunakan gambar. Dengan cara ini, setiap kali kita mau login, otomatis kata atau gambar itu akan muncul di kiri atas kotak tempat memasukkan username dan password.

Dengan cara ini, kita bisa memastikan bahwa kita tidak memasukkan username dan password ke tempat atau alamat yang keliru. Saya sudah mencobanya dan ternyata sangat mudah membuatnya.