Saturday, November 17, 2007

Hari tanpa tembakau sedunia 31 mei 2006

jakarta 30 mei 2006


Hari tanpa tembakau sedunia 31 mei 2006

Tembakau: dalam
bentuk apapun mematikan.
Itulah tema nasional
,berdasarkan tema global HTTS (hari tampa tembakau sedunia) 2006 adalah : "Tobacco: deadly in any form or disguise".
Tembakau menyebabkan 5 juta kematian per tahun,salah satunya bisa anda.
WITT adalah singkatan dari Wanita Indonesia Tampa Tembakau. sebuah jaringan kerja dari wanita indonesia yang memiliki kepedulian terhadap masa depan yang lebih baik bagi generasi muda, dan yang terpanggil oleh tanggung jawab sosialnya. untuk berbuat sesuatu guna menanggulangi tembakau bagi kesehatan. terbentuk bulan agustus 1995, oleh sekelompok wanita dari berbagai kalangan masyarakat, yang peduli terhadap perokok di indonesia yang semakin meningkat jumlahnya dikalangan para remaja putri dan anak-anak dan ingin meningkatkan perannya dalam menanggulangi masalah yang komplek dalam tembakau.
WITT merupakan anggota dari INWAT (International Network of Women Against Tobacco), yaitu organisasi international yang diakui oleh badan kesehatan dunia (WHO),PBB.
menurut FCTC-WHO, produk tembakau adalah produk yang di buat dengan menggunakan seluruh atau sebagian dari daun tembakau sebagai bahan dasar yang diproduksi untuk digunakan sebagai rokok, dihisap, dikunyah atau disedot.
produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret, menggunakan pipa, memakai sendok, kretek, lintingan, tembakau yang disedot, tampa asap dan cerutu. cita rasa rokok dikemas industri rokok dengan nama : sedang, ringan, rendah tar, penuh cita rasa, aroma buah-buahan, aroma coklat, alami, bebas bahan tambahan makanan, sigaret organik, berpotensi mengurangi paparan produk/PREPS (potentially reduced-exposure products), rendah zat berbahaya. namun demikian,tembakau dalam segala bentuk mematikan.
Bahkan rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia beracun yang menyebabkan kanker. saat ini produk tembakau tampa asap sudah banyak dipasarkan dan ditujukan kepada generasi muda untuk memulai merokok. produk ini sekarang dipasarkan dengan gencar kepada perokok sebagai alternatif dalam situasi merokok tidak diperbolehkan.
Produk tembakau oral tampa asap sangat aditif dan dapat menyebabkan kanker pada otak, kerongkongan, tenggorokan, mulut dan gigi.
bertempat di hard rock cafe,selasa 30 mei 2006 diadakan penghargaan kepada tokoh masyarakat yang peduli terhadap anti rokok,antara lain gubernur DKI sutiyoso, dewi motik pramono serta para artis.
juga diadakan launching buku romy rafael" hypnosis & hypnotherapy" berhenti merokok dalam sehari.
Dalam sambutannya gubernur sutiyoso mengatakan lintah saja kena tembakau mati, dan beliau teringat saat kecil di kamarnya ada tokek yang selalu berbunyi, maka sutiyoso mengambil tembakau milik ayahnya dan di taruh di sarang tokek tersebut, akhirnya tokek tersebut mati.
" kata sutiyoso tokek saja mati, jadi orang yang merokok sama dengan tokek".
Menurut perda DKI no. 2 tahun 2005 (pasal 13 ayat 1) dan peraturan gubernur DKI jakarta no. 75 tahun 2005, kawasan dilarang merokok adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang merokok, meliputi:
tempat umum,tempat kerja,tempat proses belajar mengajar,tempat pelayanan kesehatan,arena kegiatan anak-anak,tempat ibadah dan angkutan umum.
sedangkan kawasan merokok adalah ruangan atau area yang disediakan untuk merokok dan memenuhi persyaratan:
tempat terpisah dan tidak bercampur dengan kawasan dilarang merokok,dilengkapi alat penghisap udara dan memiliki sistem sirkulasi udara,dilengkapi pembuangan puntung rokok serta dilengkapi data dan informasi bahaya merokok bagi kesehatan.


rachmad yuliadi nasir